NTU Buat Mobil Listrik Bertenaga Surya dari Printer 3D

Perguruan tinggi asal Singapura bernama Nanyang Technological University (NTU) berhasil membuat mobil surya pertama untuk digunakan di perkotaan yang dinamakan NTU Venture (NV) 8. Desain mobil tersebut dibuat futuristik. Sebagian besar komponen mobil dibuat menggunakan teknologi printer 3 dimensi yang modern saat ini.

NTU Venture 8
NTU Venture (NV) 8
Setidaknya, terdapat 150 bagian berbentuk seperti sarang lebah yang dipasangkan di bodi mobil. Sasis pada mobil ini menggunakan serat karbon. Sedangkan pada bagian mobil lainnya terdapat solar panel yang bisa digeser secara fleksibel oleh pengemudi.

Profesor Ng dari NTU mengatakan, pihaknya bangga bisa mendesain dan merakit mobil tiga dimensi bertenaga listrik. Ini adalah mobil konsep tiga dimensi pertama di Singapura bahkan mungkin di Asia.

Pada bagian interior mobil didominasi bahan plastik. Menekan bobot dan kenyamanan lebih diutamakan perancangnya. NV 8 dapat melaju dengan kecepatan 60 km/jam. Kecepatan yang cukup lumayan untuk ukuran mobil yang digerakkan dengan energi matahari (surya).

Tidak hanya NV 8, NTU juga mengembangkan mobil beroda tiga dengan satu tempat duduk yang dinamakan NV 9. Mobil ini didesain untuk bisa melaju lebih cepat dibanding NV 8. Tidak ada penjelasan soal model produksi mobil ini.

NTU Venture 9
NTU Venture (NV) 8
Mobil buatan NTU ini rencananya akan diikutkan dalam ajang Shell Eco Marathon Asia yang akan digelar di Manila, Filipina pada 26 Februari 2015.

Ditulis Oleh : Unknown ~Kendara Listrik

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul NTU Buat Mobil Listrik Bertenaga Surya dari Printer 3D yang ditulis oleh Kendara Listrik yang berisi tentang : Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 21.45

0 komentar:

Posting Komentar