Ciptakan Mobil Listrik Tenaga Surya, RI Gandeng Norwegia

Saat ini pemerintah sedang mengupayakan akan mengembangkan mobil listrik berbasis tenaga surya. Rencana tersebut telah masuk dalam Rencana Kerja Anggaran Kementerian Lembaga (RKA-KL) Kementerian ESDM pada tahun 2015.

Sumber: Merbabu.com
"Pengembangan mobil tenaga surya itu jadi program unggulan Kementerian ESDM," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Dia menjelaskan, pengembangan tersebut merupkan percontohan penggunaan energi baru terbarukan di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Barat. Pulau Sumba sendiri identik dengan pengembangan energi tersebut. Untuk eksekusi program tersebut, pihaknya akan menggandeng Norwegia yang terbukti maju dalam pengembangan tenaga surya.  

Untuk merealisasikan hal itu, Sudirman Said membentuk tim khusus untuk mengurusi project yang akan dibangun Kementerian ESDM. Tim ini berguna untuk memastikan proyek yang dibuat pihak ESDM berjalan dengan lancar.

"Persiapan proyek harus baik. Kemarin sudah kita review. Akan ada tim khusus yang mengurusi project strategis," kata Sudirman saat ditemui di Gedung DPR Jakarta, seperti dikutip dalam Okezone.com, Selasa (10/2).

Tim tersebut dibentuk dikarenakan serapan yang rendah pada proyek yang dibangun pemerintah. Sehingga kebanyakan proyek hanya menumpuk dari tahun ke tahun.

Sudirman melanjutkan, malah lebih baik jika proyek sama sekali tidak dikerjakan daripada tidak terselesaikan. Untuk itu, tim khusus harus jeli terhadap kontraktor dan juga tender.

Ditulis Oleh : Unknown ~Kendara Listrik

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Ciptakan Mobil Listrik Tenaga Surya, RI Gandeng Norwegia yang ditulis oleh Kendara Listrik yang berisi tentang : Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 18.01

0 komentar:

Posting Komentar