Pencipta Mobil Listrik Heran RI Gandeng Malaysia Buat Mobnas


Perusahaan Indonesia bekerja sama dengan perusahaan otomotif Malaysia, Proton Holdings Berhad untuk membuat Mobil Listrik nasional. Hal itu membuat pencipta mobil listrik dalam negeri, Dasep Ahmadi merasa heran.

Pasalnya, industri otomotif RI memiliki kemampuan memproduksi dan mengembangkan mobil, yakni kendaraan listrik dan BBM. "Saya heran sama Pak Jokowi, kenapa kita menggandeng Malaysia. Padahal kita memiliki kemampuan. Seolah pemerintah tidak melihat potensi nasional di dalam negeri," kata Dasep, seperti dikutip dalam Medanbisnisdaily, belum lama ini.

Dasep melanjutkan, industri otomotif nasional hanya membutuhkan dukungan pemerintah. Secara kemampuan teknis, industri otomotif RI jauh lebih unggul dari Malaysia.

Dasep menjelaskan, cuma Malaysia pintar karena bisa berdayakan pengusaha lokalnya. Terus mereka pintar bagaimana negosiasi dengan perusahaan prinsipal luar. Kalau urusan insinyur pencipta mesin dan kendaraan, kita unggul.

Dasep bersama pencipta mobil listrik nasional lainnya telah mengembangkan berbagai tipe purwarupa atau prototype mobil listrik. Saat ini, mobil listrik telah masuk tahap sertifikasi. Meski masuk mobil masa depan, Dasep mengaku pemerintah periode Presiden Jokowi kurang menaruh perhatian. "Sekarang masuk uji sertifikasi. Tapi saya lihat pemerintah kurang aktif. Harusnya pemerintah jemput bola," jelasnya.

Presiden Jokowi diminta Dasep untuk berhati-hati di dalam kerjasama pengembangan proyek mobil nasional bersama produsen luar negeri. Alasannya Indonesia pernah memiliki pengalaman kurang baik saat periode Presiden Soeharto. Kala itu, Indonesia menggandeng perusahaan otomotif asal Korea Selatan untuk mengembangkan dan memproduksi mobil nasional bernama Timor. Kini proyek mobil nasional tidak berwujud karena pengembangan mobil nasional dikelola oleh broker atau bukan pelaku industri otomotif. (ws/mb)

Ditulis Oleh : Unknown ~Kendara Listrik

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Pencipta Mobil Listrik Heran RI Gandeng Malaysia Buat Mobnas yang ditulis oleh Kendara Listrik yang berisi tentang : Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 00.47

0 komentar:

Posting Komentar