RI Buat Mobil Nasional Bertenaga Listrik

Indonesia bekerja sama dengan Proton Malaysia sedang proses pembuatan mobil nasional (Mobnas). Namun, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek) menegaskan Indonesia hanya akan membuat mobil nasional bertenaga listrik.

Mobnas Listrik
Riset yang lakukan bersama sejumlah pihak selama ini berfokus pada kendaraan dengan bahan bakar alternatif diluar bahan bakar minyak (BBM). Hal itu disampaikan Menristek, Muhammad Nasir.
Kemenristek akan berfokus mengembangkan mobnas bertenaga listrik adalah untuk menyiasati jumlah persediaan BBM yang semakin terbatas. Selain itu, Nasir juga menjelaskan persaingan dalam menciptakan mobil bertenaga BBM di Indonesia sudah terlalu sempit karena didominasi oleh mobil pabrikan Jepang dan Korea. 

Saat ini, riset dan pengembangan yang dilakukan Kemenristek dengan mobnas berbahan bakar listik itu sedang dalam tahap evaluasi dan diuji oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Dua perguruan tinggi yang dilibatkan dalam riset itu adalah Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Dasep Ahmadi, salah satu pengembang mobil listrik dalam negeri mengaku, mobil listrik ciptaannya juga telah memasuki tahap evaluasi. Ia menjelaskan pasar mobil listrik di Indonesia sebenarnya cukup besar, namun perhatian pemerintah masih minim.

Dibandingkan dengan Malaysia lanjut Dasep, Indonesia memiliki keunggulan di bidang engineering dalam pembuatan mobil listrik. Namun di sisi lain, Malaysia lebih unggul dalam mendukung industri lokal  untuk mengembangkan dan memproduksi mobil nasional. Baca Juga: RI Gandeng Norwegia Ciptakan Mobil Listrik

Ditulis Oleh : Unknown ~Kendara Listrik

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul RI Buat Mobil Nasional Bertenaga Listrik yang ditulis oleh Kendara Listrik yang berisi tentang : Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 22.21

0 komentar:

Posting Komentar